Begini Cara Menghapus Database PHPmyAdmin WordPress yang Tak Terpakai dengan Plugins

oleh

TECH CILACAP.INFO – Menggunakan wordpress usai menginstall plugins biasanya meninggalkan jejak pada database. Maka jika file .SQL di download berukuran besar padahal postingan tak sampai 3000, bahkan plugins pun cukup sedikit, maka sudah pasti banyak file yang tidak terpakai.

Biasanya file tersebut disebabkan karena sebagian pengguna WordPress tidak mencentang pengaturan delete file, jika plugin dinonaktifkan atau uninstall.

Misalnya seperti mengaktifkan AMP, SEO seperti ALL IN One SEO atau Yoast, biasanya file nya seperti meta itu tidak terdelete.

Bagi kami mendelete file database yang tidak terpakai sangatlah tepat, apalagi jika memang suatu saat tidak menggunakannya kembali (konsisten).

Cara mendelete file database yang tidak terpakai atau yang sering disebut dengan nama UNUSED, yakni ada 2 (dua) macam.

1. Manual

Delete file secara manual mungkin memperlukan kejelian, bahkan jika tidak hati-hati, maka justru yang terhapus malah file yang digunakan, sperti contohnya web ini. Pasalnya karena kurang jeli, kita malah delete meta gambar, otomatis, gambar di artikel banyak yang hilang, tentunya jika demikian, maka akan mempengaruhi SEO, atau penurunan trafik.

Namun cara kesatu ini tetap bisa dicoba dengan cara masuk ke CPANEL lalu ke PHPmyAdmin.

2. Menggunakan Plugins

Cara kedua ini tentunya tinggal login dasbor area wordpress, dan kemudian install plugins wordpress.

ketikan saja di kolom pencarian plugin dengan “Unused Database”, maka akan terdapat banyak sekali plugins yang bisa anda install.

Namun, Cilacap.info seringnya menggunakan plugin Plugins Garbage Collector (Database Cleanup).

Menggunakan plugins satu ini sangat mudah, anda tinggal ketikkan, install, lalu ke pengaturan plugins tersebut, lalu pilih saja search non wp-tables.

Tunggu sampai loading selesai, dan jika telah selesai, maka akan muncul table file dari yang terpakai dan tidak terpakai.

Jika terpakai warnanya hijau, dan jika tak terpakai warnanya merah. Nah yang merah ini bisa anda Ceklist lalu anda Hapus.

Manfaat dari menghapus unused database table, tentu akan menghemat file. Sekian.