Cara Custom Domain Tumblr dengan Domain atau Subdomain Sendiri

oleh

CILACAP.INFO – Tumblr tidak hanya platform media sosial, tapi juga bisa menjadi seperti blog pribadi. Para pengguna Tumblr pun akan diberikan link atau alamat tumblr seperti halnya wordpress.com dan blogspot.com.

Misalnya akun tumblr kami, alamatnya https:/cilacapinfo.tumblr.com, namun bisa diganti dengan domain atau dari subdomain sendiri, misalnya jika dari subdomain blog.cilacap.info atau bisa custom dengan domain sendiri baik dot Com, Net, Info, Id dan lainnya.

Caranya pun mudah, jika anda sudah memiliki akun tumblr, anda bisa klik profil kemudian klik “Edit Tampilan”.

Disamping nama pengguna terlihat alamat Tumblr anda dan pada sisi kanannya ada logo pensil, anda bisa klik logo pensil tersebut jika akan mengcustom dengan domain sendiri.

Katakan saja anda sudah membeli domain, maka anda bisa memasukan alamat domain yang anda telah beli ke kolom “Gunakan Domain Custom” dan Geser hingga berwarna biru seperti pada gambar di atas.

Di Atas hanya ilustrasi, dan jika memang anda berniat membuat custom tumblr dengan subdomain maka anda tinggal buat Cname nya.

Masuk ke tempat registrar domain yang anda beli, dan klik Addons selanjutnya klik DNS Zone Manager, kemudian pilih Cname dan ketikan, misal: cilacap.info target domains.tumblr.com atau jika memilih subdomain seperti blog.cilacap.info target domains.tumblr.com.

A Record tidak perlu diisi atau biarkan saja, bahkan jika anda menambahkan subdomain dari hosting anda bisa hapus A record pada Subdomain dan masukan Cname saja di Zone Editor.