Cara Pasang Multi Bahasa Link Alternate di WordPress Self Hosted yang Benar

by
Indonesia

TEKNOLOGIA NEWS – Memasang multi bahasa dengan Link Alternate direkomendasikan oleh Google, faktanya dalam laman search console ada atau terdapat penargetan internasional.

Memang tidak wajib jika tidak dipasang, namun pengguna WordPress jika ingin mengaktifkannya, maka diharuskan memasang script multi bahasa.

Hal tersebut yakni agar fitur di dalam search console pada penargetan internasional aktif dan nantinya bisa dilihat di fitur lama search console.

Secara default pada setiap tema di WordPress hanya ada atribut lang kode negara sesuai pengaturan bahasa yang anda gunakan dalam pengaturan. Sedangkan link alternate secara otomatis untuk rss / feed.

Pengguna wordpress mungkin saja telah menemukan banyak artikel terkait pemasangan kode seperti di bawah ini, dan letak pemasangannya.

<link rel=’alternatehref=’https://bisnis.cilacap.info’ hreflang=’x-default‘ />

<link rel=’alternate‘ href=’https://bisnis.cilacap.info’ hreflang=’id-ID‘ />

<link rel=’alternate‘ href=’https://en.cilacap.info’ hreflang=’en-US‘ />

Pemasangan kode di atas bisa dipasang pada header.php sebelum tag </head>, cara lainnya yakni bisa dengan menjalankan perintah melalui functions.php yang ada pada tema, agar kode tersebut muncul di header.

Para pengguna wordpress mungkin ada juga yang telah memasangnya, akan tetapi kemudian mencabutnya karena terdapat banyak pesan kasalahan tag hreflang.

Kesalahan yang sering muncul di search console pada platform wordpress yang anda gunakan yakni tidak ada tag kembali, dan biasanya yang salah di link category, tag (Taxonomy).

Apa yang dimaksud tag kembali?

1. Berdasarkan yang Cilacap.info amati, tag kembali yang dimaksud oleh google yakni kesalahan pada url.

Manakala pada laman, misalkan https://www.cilacap.info/tag/cilacap malah link alternate hreflang menuju ke https://www.cilacap.info/pos, otomatis itu kesalahan dan akan banyak duplikat.

Kesalahan : biasanya karena memasang kode get_permalink di header.php yang otomatis menjalankan url pos artikel pada tag hreflang di semua laman wordpress (taxonomy).

Komentar