Tips untuk Status Website Live Google News 2020, Namun Tidak Muncul di Search News Tab

oleh

CILACAP.INFO – Pada Desember 2019, google telah mengatakan menggabungkan Google News Publisher Center dengan Google News Producer.

Pada tahun 2020 ini, mendaftar google news agar statusnya live dan muncul di aplikasi tersebut sangatlah mudah. Bahkan yang mengejutkan, website yang artikel keseluruhannya pun copy paste dan tanpa sumber bisa diterima dengan status live.

Namun, kini agar website berada di search news tab sangatlah sulit meskipun statusnya live dan menggunakan Schema Newsarticles serta AMP.

Banyak dari website besar tidak muncul di search news tab, meskipun trafiknya perbulan lebih dari 1 juta.

Berdasarkan pengamatan, mereka telah menggunakan Schema yang sesuai dan telah mematuhi standar.

Baca Juga :   Opini: 1 Artikel Tapi Unique Lebih Baik dari Puluhan Artikel Setiap Hari

Jika website besar saja demikian, bagaimana website kecil dan website copy paste. Mungkin kecil harapan bagi mereka untuk berada di Google News Search.

Google kini akan mengindex website di Tab News berdasarkan Algoritma.

CNN Brasil, baru-baru ini tampaknya telah berada di search news tab. Website ini tentu saja memiliki jurnalis, dan mempunyai author yang benar-benar manusia bukan rekayasa.

Konten original dan benar-benar website Berita dengan menerapkan 5 W H 1, hal ini yang menjadikan website tersebut layak berada di Search News Tab.

Berdasarkan kesimpulan yang kami amati, website lainnya juga berkesempatan berada di tab news, dengan menerapkan bebarapa strategi.

Baca Juga :   WordPress Versi 5.5 Siap Mendukung XML Sitemap Tanpa Plugin Pada Agustus

Apabila website anda adalah website berita, website anda tentu saja sudah tidak diragukan terkait 5 W 1 H.

Namun itu saja belum cukup, karena google menginginkan website yang user friendly dan mobile friendly serta schema yang sesuai untuk website news.

Jadi yang anda butuhkan adalah, sebagai berikut:

1. Jangan gunakan author dengan nama admin, akan tetapi gunakan nama penulis. Jika anda hanya punya satu penulis, anda bisa jadikan jurnalis anda sebagai author.

2. Gunakan Schema Newsarticle, serta jangan lupa gambar pada website anda di optimasi atau kompress. Gambar juga sebaiknya tidak boleh kurang dari lebar 700 px, juga gunakan Caption.

3. Gunakan Google AMP

Baca Juga :   Media Online Detik.com Menonaktifkan AMP Google

4. Sitemap News juga diperlukan dan jangan lupa tambahkan ke sitemap pada google webmaster tool.

5. Readability yang baik juga tak kalah pentingnya dari hanya sekedar menulis.

6. Usahakan artikel lebih dari 250 kata, dan usahakan gunakan Heading bukan Strong tiap 290 kata jika artikel anda memang panjang.

7. Jika website anda adalah website indie, usahakan jangan copy paste, sebab google menyukai artikel unique. Sebab ada banyak website copy paste yang bahkan telah diaprove sebelum 2020, mereka tidak mendapat peringkat di mesin pencarian khusunya di tab news, bahkan mereka berada di akhir kadang juga tidak muncul.