Cara Agar Disetujui Google Adsense Hosted dan Non Hosted untuk Website

oleh

CILACAP.INFO – Hari ini, kami melihat media besar mempublish tutorial diterima adsense di kanal teknologi, namun ada yang kurang mengena di hati. Seperti harus menunggu 6 bulan agar dapat diapprove, benarkah demikian?, faktanya google tidak mengatakan seperti itu.

Adapun yang kita jumpai bahwa Google mensyaratkan pendaftarnya berusia 18 tahun keatas. Kemudian konten yang unik dan original, jadi tidak ada batas umur website atau blog.

Sebab kami diapprove tidak lama setelah beli domain dan menghubungkannya ke wordpress. Serta mensubmit website ke google webmaster dan mem fetch as artikel agar muncul di pencarian.

Kala itu bukan melalui domain ini melainkan dengan domain lain yang artikelnya tidak sampai ratusan bahkan puluhan juga tidak.

Hal ini pernah saya publish di kompasiana dan anda bisa mengeceknya di google dengan mengetikkan “Cara Diterima Google Adsense Non Hosted”.

Dalam artikel tersebut, saya mengatakan bahwa 2 kali diterima google sebagai penayang iklan adsense (publisher) dengan 3 atau 5 artikel. Artikel saya masih ada di kompasiana dan anda bisa melihatnya, kala itu saya publish tahun 2018, yang artinya saya diterima bukan dengan domain ini.

Asumsi kami mengatakan demikian pasalnya mengalami sendiri. Jadi, saya rasa umur website tidak menjamin akan diterima google adsense.

Sehubungan dengan itu, meski google mensyaratkan konten unik, original, berusia 18 tahun minimalnya serta mematuhi kebijakan. Namun kami menjumpai ada banyak website yang kontennya tidak original alias copy paste tidak mencantumkan sumber tapi di approve.

Baca Juga :   Memasang Sticky Ads non AMP Wordpress

Ada kemungkinan karena menu navigasinya lengkap seperti About, Privacy, dan kontak. Sebab kontak dan transparansi halaman menandakan bahwa website atau blog dapat di pertanggungjawabkan dan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka si pemilik blog harus mempertanggung jawabkan hal itu.

Namun saya tidak menyarankan tindakan semacam itu, sebab saya menyadari menulis itu butuh waktu dan pikiran, sehingga menghargai karya orang lain itu perlu. Selain daripada itu, jika mengutip maka alangkah baiknya menyantumkan sumber meski tidak menautkan link hidup. Jika copas utuh maka cantumkan sumbernya dan link hidup.

Selanjutnya mengenai pembahasan apa itu adsense hosted?

Adsense hosted adalah akun google adsense yang disetujui melalui pendaftaran yang masih satu produk dengan google, seperti blogger dan youtube.

Untuk disetujui akun google adsense hosted di platform blogger tidak diperlukan domain premium, bahkan masih menggunakan blogspot pun bisa diterima jika memang memenuhi syarat.

Adapun anda bisa mendaftarnya melalui menu Penghasilan atau langsung menuju halaman pendaftaran google adsense di https://www.google.com/adsense/signup/new/lead.

Berbeda lagi mengenai akun google adsense non hosted, pasalnya pada adsense non hosted pada website, maka diperlukan domain premium dan hosting sendiri seperti wordpress self hosted. Tentunya website sudah online dan memiliki artikel.

Baca Juga :   Why, Adsense Auto Ads Not Working on Single Post?

Kelebihan memiliki akun adsense non hosted daripada hosted yakni bisa diterapkan dimana saja (Youtube, WordPress, CMS lainnya, bahkan pada Blogger).

Adapun pendaftarannya sama seperti tutorial diatas, bisa kunjungi alamat diatas atau bisa klik langsung halaman tersebut.

=>Daftar Adsense<=

Berikut rincian dan syarat mendaftar google adsense:

1. Memiliki Website atau Blog dari Blogger (hosted), atau wordpress self hosted (non hosted) dan online bisa diakses.

2. Tentunya memiliki akun Google Mail (Gmail).

3. Websitenya telah terisi artikel, unik dan original (cara legal yang disarankan google) atau minimal parafrase dan jika perlu cantumkan sumbernya.

4. Submit website ke Google Webmaster dan masukan sitemap, jadi sitemap ini tujuannya jelas guna memberitahu google jika ada artikel baru (ping) sehingga dapat di crawl dan terindex mesin pencari.

5. Punya visitor, dan mengapa demikian? pasalnya jika secara logika, tanpa visitor bagaimana google akan memunculkan iklan. Sedangkan google berniat menampilkan iklan dari advertisernya di website anda. Sehingga meski nantinya tanpa klik, maka perhitungan iklan dapat dihitung berdasarkan view. Perlu diketahui juga, bahwa laman baru pasti ada visitor masuk, ya meskipun itu anda sendiri, jadi tidak mungkin tidak ada visitor.

Namun berapa visitornya kami masih belum tahu, namun jika merujuk pendaftaran adsense Youtube, maka harus punya subscribe lebih dari 1000 dengan jam tayang 4.000 yang menonton videonya dalam kurun waktu 12 bulan (1 tahun).

Baca Juga :   Ingin Di Approve Google News, Begini Caranya

Artinya visitor diperlukan, begitupun pada adsense untuk website. Jika memiliki website baru dan ingin dikunjungi, maka manfaatkan media sosial dengan membagikan link artikel anda agar ada yang mengunjungi.

6. Tentunya minimal berusia 18 tahun keatas.

7. Navigasi Situs seperti kontak, about dan privacy harus ada karena agar jelas siapa pemiliknya dan selain itu apa manfaat dari website itu.

7. Langsung mendaftar ke https://www.google.com/adsense/signup/new/lead atau klik link Daftar adsene, seperti yang ada pada laman ini.

8. Usai mendaftar, Copy dan pasang kode yang disarankan pada website anda.

Jika di Blogger, klik edit Template dan pasang sebelum kode /head atau bisa melalui tata letak dan pilih HTML Javascript lalu pastekan.

Jika di WodPress bisa pasang di widget dengan klik widget di dasbor admin wordpress, Pilih HTML dan klik saja sidebar, lalu klik HTML itu tadi, dan Pastekan, tentunya jangan lupa save.

Usai memasang kode iklan tinggal tunggu surat cinta dari google, adapun waktunya tergantung pada tim peninjau google.

Artikel ini hanya membahas terkait cara disetujui google sebagai penayang iklan, tidak membahas cara pasang iklan adsense in content dan lainnya.