Info Seputar Berita Teknologi

Google Classroom Paling Sering Digunakan Masa Pandemi, Begini Cara Menggunakannya

cilacap info featured
cilacap info featured

TEKNOLOGIA NEWS – Pandemi global coronavirus atau yang dikenal dengan Covid-19, membuat kegiatan belajar mengajar pun harus dilaksanakan via daring. Meski pun sebelumnya para siswa dan siswi di rumahkan, namun kegiatan tetap berjalan semana mustinya.

Hal itu dikarenakan kebijakan pemerintah untuk menerapkan Social Distancing agar para pelajar terhindar dari virus corona. Pasalnya virus tersebut dapat menular dengan cepat, oleh sebab itu kegiatan belajar pun di rumahkan oleh berbagai sekolah.

beberapa aplikasi yang digunakan para siswa untuk saling berkomunisai dengan siswa lainnya dan guru yakni melalui whatsapp. Selain itu, yang paling sering digunakan oleh siswa dan juga guru yakni Google Classroom. Adapun dalam penggunananya yakni harus memiliki email google atau Gmail.

Anggap saja semua siswa beserta guru sudah memiliki email gmail, lalu ketik saja pada browser, yakni alamat google.com. Setelah itu, bisa login terlebih dahulu pada akun google di atas sebelah kanan. Usai login, kemudian bisa klik icon menu dan geser ke bawah, maka akan terdapat tulisan Classrom.

Setelah menemukannya, maka jangan lupa klik dan akan diarahkan pada laman classroom.google.com, Bahkan tanpa mengunjungi google, atau langsung diketikan alamat website di atas juga bisa.

Jika belum pernah membuatnya, maka akan ada tampilan kosong dan tanda panah yang menunjukan agar membuatnya. Adapun di sana ada 2 nama, yakni “Gabung Kelas” dan “Buat Kelas”. G Suite for Educations pada website tersebut untuk membualt kelas.

“Menggunakan Classroom di sekolah dengan siswa? Jika dimikian, sekolah harus mendaftar untuk mendapat akun G Suite for Education gratis sebelum Anda dapat menggunakan Kelas. G Suite for Education memungkinkan sekolah menentukan layanan Google yang dapat digunakan siswanya, serta memberikan perlindungan privasi dan keamanan tambahan yang penting di lingkungan sekolah. Siswa tidak dapat menggunakan Google Kelas di sekolah dengan akun pribadi.” Pesan yang muncul saat membuat kelas di google classroom.

Artinya sebelum menggunakan Google Classcroom, bahwa anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu pada G Suite for Education. Nanti di sana akan ada pesan untuk mengisi pendidikan atau institusi sekolah. Setelah mendaftar barulah membuat kelas di Google Classroom, biasanya sebuah sekolah telah membuatnya dan para siswa hanya tinggal gabung kelas dan diberikan alamat email beserta sandi pada masing-masing siswa.

Dilansir laman resmi google.com, Tentang akun pengguna Classroom, bahwa Ada berbagai jenis akun yang dapat di gunakan dengan Classroom, bergantung pada setelan pembelajaran. Akun-akun tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Akun sekolah

Anda mendapatkan akun sekolah dari sekolah terakreditasi menggunakan G Suite for Education. Administrator IT sekolah Anda yang akan membuat dan mengelola akun tersebut, serta memberikan email dan sandi Anda. Akun tersebut terlihat seperti anda[at]sekolahanda.edu. Gunakan akun sekolah untuk login jika Anda menggunakan Classroom di sekolah dan ingin mengaksesnya dari rumah. Untuk mempelajari cara mendapatkan G Suite for Education bagi sekolah Anda, buka Memulai G Suite for Education.

2. Akun Google pribadi

Akun Google pribadi adalah akun yang Anda buat. Umumnya, akun tersebut digunakan dengan Classroom di luar lingkungan sekolah, seperti di bimbingan belajar atau homeschooling. Akun tersebut mungkin terlihat seperti anda[at]gmail.com.

Menurut penjelasan google, Akun jenis ini tidak dapat mengakses fitur-fitur Classroom yang sama seperti akun lainnya. Dengan Akun Google pribadi:

Anak-anak yang memiliki akun yang dikelola oleh orang tua tidak dapat membuat atau mengajar kelas. Siswa tidak dapat mengirim email ke teman sekelas. Pengajar tidak dapat mengundang wali untuk mendaftar ke email evaluasi. Setiap negara memiliki persyaratan usia minimum untuk membuat Akun Google. Pengguna dewasa dapat membuat akun untuk anak-anak yang belum memenuhi persyaratan usia minimum.

3. Akun G Suite

Penting: Anak-anak yang berusia 13 tahun ke bawah hanya boleh menggunakan Classroom dengan akun G Suite for Education atau Nonprofit.

Akun G Suite biasanya digunakan di organisasi besar yang menjalankan G Suite Basic, Business, Enterprise, atau G Suite for Nonprofits. Admin organisasi Anda yang akan membuat dan mengelola akun tersebut, serta memberikan email dan sandi Anda. Akun tersebut terlihat seperti anda[at]perusahaananda.com.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait