Tips Jitu Membuat Kolaborasi Sitemap Google News dengan Image

oleh

TECH CILACAP.INFO – Sitemap dalam suatu website ibarat signal untuk mesin pencari seperti Google. Sehingga dengan adanya sitemap yang telah diverifikasikan dan di masukkan ke webmaster bisa di ping atau di crawl.

Sehubungan dengan sitemap, ada beberapa sitemap yang kami ketahui. Seperti Sitemap standar yang hanya terkait dengan Postingan, Url postingan, atau kategori dan tags.

Namun ada juga sitemap lainnya, yakni sitemap Mobile, Sitemap Google News, Sitemap Image dan terakhir adalah Sitemap Video.

Terkait dengan Sitemap News, yakni sitemap yang dirancang khusus jika websitenya include google news.

Seperti diketahui, hampir setiap platform pembuat website memiliki sitemap begitu juga halnya seperti di blogger.

Jika Sitemap News dirancang khusus untuk website google news, maka sitemap Image yakni khusus untuk Gambar. Tujuannya hampir sama, yaitu memberitahu mesin pencari bahwa terdapat gambar baru sehingga dapat di crawl mesin pencari.

Baru-baru ini tech.cilacap.info juga menambahkan sitemap image, namun digabungkan dengan sitemap news dan work.

Jadi, kami menambahkan sitemap image di dalam sitemap google news dengan menambahkan xmlns:image.

Contoh: xmlns:image=”http://www.google.com/schemas/sitemap-image/1.1″

Diatas kami tambahkan dibelakang xmlns:news atau setelah xmlns:news.

Berikut adalah hasil penggabungan (kolaborasi) 2 sitemap diatas, yang bisa dilihat, silahkan lihat di https://www.cilacap.info/sitemap-news.xml.

Karena kami pakai wordpress, sehingga kolaborasi sitemap diatas kami rasa dapat menghemat file daripada harus menginstall plugin sitemap untuk image.