Baterai Android Kamu Awet, Namun Kembung, Begini Cara Alternatif Mengempiskannya

oleh

CILACAP.INFO – Salah satu masalah yang sering terjadi pada smartphone android, yakni adalah baterai, mulai dari daya tahan baterai lemah maupun kembung.

Kasus ini terjadi karena penggunaan yang tidak terkontrol, alias digeber baik untuk main game maupun berselancar di dunia maya, bersamaan dengan itu juga turut di cas. Sehingga, baterai yang merupakan komponen inti akan cepat melemah dan mengembung.

Indikasi tersebut sebenarnya bisa diketahui dari smartphone yang sedang digunakan, yakni HP jadi cepat panas. Apabila dilakukan terus-terusan, maka kerusakan karena panas yang terjadi akan berimbas pada komponen yang lain.

Penulis dalam hal ini tak asal menulis dan ini berdasarkan pengalaman yang telah terjadi. Pasalnya, penulis sendiri lebih sering menggunakan Smartphone daripada laptop untuk urusan dunia maya, baik berselancar, membuka jejaring media sosial (medsos), berinteraksi via chat dengan Whatsapp.

Selain hal di atas, penulis juga pernah kecandauan game online yang jika dipikir sudah berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk hal tersebut dan berapa kuota yang telah dihabiskan. Moment main game yang teramat parah ini saat penulis merantau ke luar negeri dimana untuk mengobati rasa bosan dan kejenuhan.

Disana untuk membeli kuota internet juga harus merogoh kocek yang apabila dirupiahkan 5 kali lipatnya untuk membeli kuota yang kapasitasnya sama dengan sejumlah provider di indonesia. Oleh sebab itu, maka penulis merasakan pengalaman terkait masalah gadegt.

Kasus yang pernah saya alami, yakni baterai boros dan daya tahan yang lemah meski tidak mengembung, pernah juga melemah dan baterainya juga mengembung, dan mengembung namun daya tahan baterai kuat.

Bahkan, akibat baterai yang mengembung ini, dan dibiarkan dengan masih ditutup casing belakang, membuat layar smartphone yang saya miliki menganga.