Info Seputar Berita Teknologi

Tips Trik Menurunkan Bounce Rate pada Alexa Rank

cilacap info featured
cilacap info featured

CILACAP.INFO – Bounce Rate yang tertera di tool Alexa Rank terkadang oleh sebagian blogger dan webmaster tidak terlalu penting dan yang terpenting trafik.

Memang ada fenomena laman dengan pengunjung yang tinggi tapi bounce rate nya di atas 50 pada laman alexa milik amazon.

Diketahui, seperti halnya Ranking pada Alexa Rank, Bounce Rate juga menghitung dari angka yang besar ke yang terkecil dengan persen, dan semakin kecil maka akan semakin bagus.

Bounce Rate sendiri memiliki istilah dalam ranah internet dalam dunia website, yaitu hasil dari prosentase dari pengunjung yang mengakses laman dan lalu pergi.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi membengkaknya bounce rate pada alexa, seperti berikut:

1. Loading Website Lambat

Loading website yang lambat tentu saja akan membuat pengunjung tidak betah berlama-lama dan otomatis akan segera meninggalkan suatu laman.

2. External Link yang salah

Dalam dunia website, memberikan link external dofollow kepada laman lain dianggap suatu keantian atau alergi dan Bahkan akan menyebabkan websitenya buruk.

Fenomena ini tidak hanya di laman blogger biasa namun juga terdapat di media cyber. Alih-alih meningkatkan visitor, maka copas. Meski menyantumkan sumber, namun mereka enggan memberikan link external.

Padahal link external bukan penentu search engine akan mengindex artikel atau tidak. Toh jika anda menggunakan DMCA dan Copyscape juga akan terlihat hasil copasan.

Google akan mengindex laman meski itu terdapat external link, dan bahwa tautan yang anda berikan itu merupakan laman referensi dari sumber yang dapat dipercaya.

External Link memang bisa menurunkan Bounce Rate atau membengkak, namun ada caranya mengatasi hal tersebut, yakni dengan menambahkan link rel=”noopener” target=”_blank” atau Open New Tab.

Hal itu bertujuan agar laman anda tetap terbuka, meski pengunjung mengklik tautan external sekalipun dofollow.

3. Minimnya internal Link

Minimnya internal link mempengaruhi bounce rate, pasalnya seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa bounce rate adalah prosentase antara pengunjung yang datang, apakah mereka akan segera pergi atau malah mengklik tautan yang ada di dalam laman.

Agar pengunjung betah di website dan mencoba terus membaca di laman anda, maka usahakan berikan internal link, seperti artikel terkait.

Note: Perlu diketahui juga, bahwa bounce rate rendah pada alexa rank bukan jaminan atau sepenuhnya tepat jika alexa rank anda tidak memiliki license sertifikat.

Untuk lebih detail dan lebih lengkap, jika anda tidak ingin membeli lisensi alexa rank, maka bisa lihat google analytic. Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu, bahwa laman anda sudah memasukan meta google analytic.

Sebagian besar blogger atau pemilik laman tentunya mendambakan bounce rate yang rendah, meski ada sebagian yang mengatakan tidak penting, karena yang paling penting adalah trafik. Dan memang trafik atau pengunjung diperlukan, sebab tidak mungkin bounce rate akan turun tanpa adanya pengunjung.

Tips sederhana dari saya untuk menurunkan bounce rate pada alexa rank, sebagai berikut:

1. Percepat Loading Website

Mempercepat loading website bisa dilakukan dengan beberapa cara, jika di laman WordPress anda bisa menggunakan Plugin Cache seperti WP Rocket, Litespeed Cache, CDN dan sebagainya.

2. Gunakan internal link

Gunakan internal link agar pengunjung dapat tetap berada dilaman anda dengan ini, ada harapan kalau pengunjung atau yang membaca artikel dapat membaca artikel yang lain.

Caranya dengan menyisipkan artikel terkait, dan anda bisa lakukan itu jika di wordpress dengan plugin artikel terkait.

3. Gunakan External Link Open New Tab

Anda dapat tetap menghargai karya orang lain dengan menyisipkan external link, jika artikel tersebut sepenuhnya adalah karya orang lain tanpa parafrase.

Adapun jika telah di parafrase, terserah anda akan tetap menyantumkan sumber dengan link hidup atau tidak. Dan jika di laman anda telah banyak external link namun tidak diarahkan untuk open new tab, maka anda bisa melakukan itu dengan bantuan plugin, di WordPress sendiri juga cukup banyak plugin untuk menangani hal ini.

Demikian tutorial kali ini tentang menurunkan bounce rate, jika ada artikel yang dirasa kurang kami mohon maaf.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait