Info Seputar Berita Teknologi

Membuat Aplikasi Website di Android dan Iphone dengan PWA Ternyata Lebih Mudah

ilustrasi laman support progressive web app
ilustrasi laman support progressive web app

TEKNOLOGIA NEWS – Ternyata membuat aplikasi di Android dan Iphone yang sama persis dengan tampilan website itu bisa dilakukan dengan membuat PWA (Progressive Web Apps).

Mengetahui apa itu PWA bisa dilihat dilaman web.dev, dan menurut laman tersebut Progressive Web Apps (PWA) adalah aplikasi web yang dibuat dan disempurnakan dengan API modern untuk menghadirkan kemampuan, keandalan, dan kemudahan pemasangan yang ditingkatkan sambil menjangkau siapa pun, di mana pun, di perangkat apa pun, semuanya dengan basis kode tunggal.

Meskipun Cilacap.info bukan laman besar dan mungkin juga tidak spesial, akan tetapi perihal Core Web Vitals sangat diperhatikan, termasuk terkait PWA ini.

Sementara itu, berawal ketika sedang melihat performa website setelah mengutak-atik webserver Nginx untuk mengatur Cache agar performanya lumayan, Cilacap.info menemukan data Lighthouse terkait PWA yang skornya tidak bagus di laman webpagetest.org.

Sebelumnya di tool webpagetest.org, cilacap.info juga menemukan jquery versi lawas yang menyebabkan webpage security scorenya buruk dan terdapat peringatan vulnerabilities. Baca : Cara Mengatasi Peringatan Vulnerabilities Jquery dan Bootstrap.

Menurut cilacap.info, webpagetest.org ini tool yang sangat komplit, buktinya kami jadi mengetahui tentang adanya Vulnerabilities dan PWA.

Melihat hal itu, Cilacap.info kemudian mencoba membuat laman kami agar support PWA dengan menambahkan file Javascript dan Json serta menambahkan meta manifest, icon, javascript serta pendukung lainnya untuk membuat laman PWA.

Dalam menerapkannya, Cilacap.info pastinya membutuhkan Plugins Custom, pasalnya laman ini bukan multisite bukan pula menggunakan subdomain mapping.

Sehingga untuk merender Manifest Json dan Javascript yang sesuai dengan masing-masing domain maupun subdomain dibutuhkan Plugins Custom dan juga rewrite.

Kenapa Rewrite?, dengan rewrite meskipun cilacap.info tidak mempunyai file seperti sitemap.xml, manifest.json, robots.txt pada file manager, namun jika diakses pada browser bisa dan support. Inilah fungsinya rewrite rules sehingga jika dibuka https://www.cilacap.info/manifest.json atau https://wiki.cilacap.info/manifest.json itu sesuai dengan judul, deskripsi dan url pada tiap-tiap subdomain maupun main domain.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait