Info Seputar Berita Teknologi

Jateng Pasang 16 Alat Pencegahan Dini Tsunami

cilacap info featured
cilacap info featured

BANJARNEGARA, TEKNOLOGIA NEWS – Sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah (Jateng) telah dipasangi sekitar 16 alat pencegahan dini Tsunami.

Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara.

Setyoajie Prayoedhie selaku Kepala BMKG Banjarnegara, sebagaimana yang dilansir Antaranews.com mengatakan. Bahwa 16 alat tersebut telah dipasang dan berfungsi, hal itu guna menyebarluaskan informasi terkait Tsunami.

“Pemasangan alat ini, telah dilaksanakan di sejumlah tempat di Jawa Tengah. Antaranya di Kantor Stageof Banjarnegara, RRI Purwokerto, TVRI Semarang, BPBD (Blora, Grobogan, Boyolali, Wonogiri, Klaten). Selain itu di BPBD (Pekalongan, Pemalang, Batang, Tegal, Banyumas, Cilacap, Provinsi Jateng dan Kantor Bupati Kebumen).” Terangnya menjelaskan Rabu (15/07/2020).

Prayoedhie juga mengatakan, bahwa alat itu mempunyai nama Warning Receiver System (WRS) NewGen.

“Alat ini adalah teknologi terobosan baru yang akan dapat memberikan informasi yang aktual.” Katanya.

Selain itu, dia memberikan alasan terkait pemanfaatan alat tersebut, yakni sangat penting dan dapat membantu dalam upaya kebencanaan. Alat tersebut selain untuk deteksi dini tsunami juga dapat mengetahui adanya gempa bumi.

“Alat ini sangat efektif dan dapat memberikan manfaat nyata, yakni dapat membantu menyelamatkan masyarakat dari bencana. Selain itu alat ini juga dapat menyajikan laporan yang cepat, hanya dalam kurun kurang dari waktu tiga menit dari adanya gempa.” Jelas dia.

Dengan adanya alat tersebut, lanjutnya, selain membantu masyarakat terkait bencana, juga dapat membantu tim kebencanaan seperti BPBD dan juga BMKG. Sehingga dalam menyampaikan informasi, selain cepat juga akan optimal. Dia juga berharap, agar informasi tersebut bisa sampai ke BMKG Pusat di Jakarta dan ke daerah-daerah di indonesia.

“Kami berharap dengan pemasangan alat ini, sehingga bisa memberikan manfaat ke seluruh wilayah di indonesia, khusunya di provinsi jawa tengah.” Pungkas dia.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait