Info Seputar Berita Teknologi

Polisi Malaysia Luncurkan Aplikasi “Gerak Malaysia” untuk Para Pemudik

cilacap info featured
cilacap info featured

KUALA LUMPUR, MALAYSIA, CILACAP.INFO – Polisi Malaysia meluncurkan sebuah aplikasi smartphone untuk warga di sana yang akan mudik atau melakukan perjalanan untuk pulang (anatar negara).

Adapun Aplikasi tersebut diberi nama “Gerak Malaysia” dan kini sudah dapat digunakan dengan cara mengunduhnya di Play Store dan jugaa Apple App Store.

Dilansir MalayMail.com bahwa Aplikasi tersebut diajukan mulai 26 April. Namun aplikasi yang sudah dibuat pada tanggal tersebut harus diperbarui dengan konfirmasi tujuan perjalanan pada 29 April.

Sementara itu, kepala departemen investigasi kriminal federal Datuk Huzir Mohamed mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Semua persetujuan akan dilakukan melalui aplikasi Gerak Malaysia.” Katanya.

“Namun, bagi mereka yang tidak dapat mengakses aplikasi dapat mengajukan izin perjalanan antar negara melalui surat tertulis di kantor polisi terdekat.” Tambahnya.

Pada 17 April, Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) menguji versi beta dari aplikasi ‘Gerak Malaysia’ yang menggunakan pelacakan lokasi.

Aplikasi ini dirancang untuk membantu pihak berwenang dalam melacak dan menganalisis gerakan pengguna secara nasional. Yakni untuk menampung penyebaran Covid-19.

Putrajaya telah menunjukkan kesediaan untuk melonggarkan beberapa pembatasan perjalanan. Meskipun telah memperpanjang perintah kendali gerakan (MCO), yang sekarang berada di ujung fase ketiga. Fase keempat akan dimulai 28 April hingga 12 Mei.

Kemarin, Menteri Senior (Cluster Keamanan) Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan. Siswa yang terjebak di kampus akan dikirim pulang secara bertahap mulai Senin depan.

Pengaturan ini akan ditangani oleh pemerintah malaysia dan hanya akan berlaku untuk siswa yang kembali ke zona hijau.

Untuk kembali ke kota dari kota asal mereka, periode perjalanan akan dari 1 Mei hingga 3 Mei.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait