Info Seputar Berita Teknologi

Pakai Web Server Nginx di WordPress dengan Litespeed Cache emang bisa?

wordpress dengan web server nginx
wordpress dengan web server nginx

Sedangkan untuk menggunakan Apache dan Nginx memang bisa digunakan secara gratis.

Mekanisme Apache ini sangat mudah digunakan oleh pengguna karena support dengan WordPress yang mana banyak plugin juga mengandalkan .htaccess.

Pengguna bisa menggunakan Apache dengan menginstalnya dan mengkonfigurasi vhost sesuai letak folder dan sesuai domain maka web akan berjalan mulus.

Namun lain halnya dengan Nginx yang tidak menggunakan .htaccess, pengguna betul-betul harus mengatur konfigurasi pada Nginx agar support dengan WordPress dan websitenya bisa berjalan baik di domain utama maupun subdomain.

Cilacap.info misalnya, web ini memang menggunakan wordpress tapi bukan multisite meskipun punya subdomain banyak, sehingga jika mengatur .htaccess pada Apache atau konfigurasi pada Nginx seperti WP Multisite maka akan ada yang tidak berfungsi.

Nginx menurut kami memang rumit dalam pengaturannya tidak seperti Apache, ketika salah mengatur konfigurasi lah subdomain bisa berjalan tapi domain utama ketika diakses malah tidak pun sebaliknya.

Tidak hanya itu, kami juga harus menambahkan Woff2 pada Mime Type di Nginx agar berfungsi ketika mengatur gzip compression.

Terkait plugins cache, kami tetap menggunakan Litespeed Cache plugins meskipun cache nya tidak berfungsi di laman responsive ketika menggunakan web server Nginx ataupun Apache, namun berfungsi pada CDN, Object Cache dan Kompresi Gambar.

Alasan lainnya karena kami tidak ingin menginstall plugins yang banyak untuk object cache seperti Redis atau Memcached, tidak ingin juga menginstall plugins Kompres Gambar yang kebanyakan memiliki limit dan harus berbayar jika penggunaan kompres gambar melebihi limit serta tidak ingin menginstall plugins CDN untuk memuat gambar di subdomain.

Kenapa kami menggunakan Nginx meskipun trafik tidak seberapa dan tidak bejibun?

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait